Gejala Penyakit Diabetes

Gejala Penyakit Diabetes - 29 Oct 2020

Sebelum memasuki apa saja gejala diabetes, penting untuk kita ketahui bahwa diabetes sendiri ada dua jenis yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2 dan masing-masing tipe memiliki ciri-ciri yang berbeda antara satu penderita dengan lainnya. Untuk lebih mengenalnya, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

1. Diabetes Tipe 1 banyak Terjadi pada Kelompok Usia Dibawah 40 an Tahun

Sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang berfungsi untuk memproduksi insulin. Akibatnya, terjadi peningkatan kadar glukosa sehingga terjadi kerusakan lebih lanjut pada organ-organ tubuh tertentu. Diabetes tipe 1 banyak ditemukan menyerang kelompok usia di bawah 40 an tahun, karenanya bahkan disebut sebagai diabetes anak-anak. Terapi yang dijalankan biasanya dengan memberikan suntikan insulin juga penerapan pola makan sehat, dan tentu juga menjalankan tes darah secara rutin pastinya.

2. Diabetes Tipe 2 Akibat Kurangnya Produksi Insulin dalam Tubuh

Jenis ini lebih umum terjadi, 90% penderita diabetes dunia ditengarai mengidap diabetes jenis ini. Hal ini disebabkan kurangnya produksi insulin dalam tubuh,sehingga sel-sel tubuh kurang sensitif terhadap insulin, istilahnya resistensi insulin. Secara umum, diabetes tipe ini dihubungkan juga dengan kondisi obesitas, meski bukan serta merta seseorang yang obesitas dapat divonis mengidap diabetes. Tetapi peningkatan indeks massa tubuh seseorang juga meningkatkan risiko diabetes, umumnya yang terserang adalah para manula.

 

Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja. Sedangkan pada diabetes tipe 2, banyak penderitanya yang tidak menyadari bahwa mereka telah menderita diabetes selama bertahun-tahun, karena gejalanya cenderung tidak spesifik. Beberapa ciri-ciri diabetes tipe 1 dan tipe 2 meliputi:

  • Sering merasa haus.

  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari.

  • Sering merasa sangat lapar.

  • Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.

  • Berkurangnya massa otot.

  • Terdapat keton dalam urine. Keton adalah produk sisa dari pemecahan otot dan lemak akibat tubuh tidak dapat menggunakan gula sebagai sumber energi.

  • Lemas.

  • Pandangan kabur.

  • Luka yang sulit sembuh.

  • Sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih.

Beberapa gejala lain juga bisa menjadi ciri-ciri bahwa seseorang mengalami diabetes, antara lain:

·       Mulut kering

·       Rasa terbakar, kaku, dan nyeri pada kaki.

·       Gatal-gatal.

·       Disfungsi ereksi atau impotensi.

·       Mudah tersinggung.

·       Mengalami hipoglikemia reaktif, yaitu hipoglikemia yang terjadi beberapa jam setelah makan akibat produksi insulin yang berlebihan.

·       Munculnya bercak-bercak hitam di sekitar leher, ketiak, dan selangkangan, (akantosis nigrikans) sebagai tanda terjadinya resistensi insulin.

 

Diabetes tipe 1 dapat berkembang pada usia berapapun, biasanya muncul selama masa kanak-kanak atau remaja. Diabetes tipe 2 tipe yang lebih umum dapat terjadi pada usia berapapun, walau lebih sering dialami orang yang berusia lebih dari 40 tahun.

 

Bagikan :